Sambut Komik Digital Si Buta dari Gua Hantu Putih Hitam

BumiLangit, pemilik dari ribuan IP karakter-karakter komik klasik Indonesia, terutama IP-IP komik pahlawan super atau jawara seperti Gundala hingga Si Buta dari Gua Hantu kini menerbitkan sebuah komik terbaru dari kisah Si Buta dari Goa Hantu, yang diberi judul Si Buta dari Gua Hantu Putih Hitam. Komik terbaru ini dirilis secara digital melalui Google Books.

Si Buta dari Goa Hantu adalah sebuah komik silat klasik karya Gannes TH yang berkisah mengenai petualangan pendekar buta bernama Barda Mandrawata mengarungi dunia persilatan. Kesuksesan komiknya telah membawa Si Buta Dari Goa Hantu diangkat menjadi film yang dibintangi Ratno Timoer sebagai Barda di tahun 1970an dan kemudian diangkat kembali menjadi serial yang dibintangi oleh Hadi Leo sebagai Barda Mandrawata pada tahun 1993 lalu. Komiknya sendiri dipublikasikan dari tahun 1967 hingga 1989, sebanyak 21 edisi. Rencananya adaptasi film terbaru dari Si Buta dari Goa Hantu juga akan segera dibuat.

Adapun Si Buta dari Gua Hantu Putih Hitam merupakan antologi komik yang menampilan cerita pendek dalam petualangan Barda Mandrawata setelah ia meninggalkan kampung halamannya dalam pengembaraan dan prosesnya berdamai dengan masa lalu. Komik ini dikerjakan oleh banyak penulis dan komikus, masing-masing memberikan sudut pandang uniknya dalam menceritakan kisah-kisah baru yang dialami Barda dan, tentunya, sahabat setia, Kliwon. Banyak hal baru yang bisa dinikmati dari interpretasi kreatif ini, tentu saja, masih dalam konteks Si Buta dari Goa Hantu yang dikenal lewat sejarah panjangnya. Sejumlah komikus lintas generasi akan menyajikan kisah Si Buta versinya masing-masing dalam antologi ini. Beberapa komikus tersebut di antaranya adalah Is Yuniarto, Ockto Baringbing, Lan Kelana, Tanfidz Tamamudin, dan Ragha Sukma.

Sumber Kaori Nusantara.