Maskot Lokal Kota Seika di Kyoto, Seika Kyomachi Mendapat Artificial Intelligence

Kota Seika adalah kota yang terletak di bagian selatan Prefektur Kyoto. Kota tersebut mempunyai maskot berwujud seperti karakter anime yang diberi nama Seika Kyomachi. Seika Kyomachi cukup dikenal karena ia menggunakan berbagai macam cara unik dengan memanfaatkan teknologi untuk menyebarkan informasi mengenai kota Seika. Pada tahun 2016, Seika Kyomachi menjadi karakter Voiceroid, data 3D Seika juga open source, dan pada bulan Juli, Seika menjadi Virtual YouTuber. Fungsi terbarunya adalah artificial intelligence (AI), yang akan membuat Seika bisa merespon query/pertanyaan-pertanyaan secara real time.

Project ini disebut “Narikiri AI” dan merupakan kolaborasi antara kota Seika dan NTT Communication Science Laboratories. AI ini akan dikembangkan dengan cara mengambil feedback dari sejumlah pengguna yang mempunyai wawasan tentang kota Seika dan maskot Seika Kyomachi. Para user akan memberikan beberapa pertanyaan dan jawaban, kemudian mem-voting respon yang terdengar paling cocok dengan karakter maskot ini. Kantor pusat kota Seika akan memberikan informasi yang luas mengenai kota dan detail-detail administratif agar Seika Kyomachi dapat merespon secara komprehensif untuk pertanyaan-pertanyaan yang relevan.

Rencananya, AI pada Seika akan diimplementasikan pada bulan November. Website official kota Seika saat ini sedang mengumpulkan informasi tentang penduduk-penduduk yang tinggal di daerah sekitar hingga akhir bulan September.

Seika Kyomachi debut pada tahun 2013. Perannya bukan hanya untuk mempromosikan pariwisata, namun juga untuk menambahkan perhatian kepada hometown tax system di Jepang, yang memperbolehkan pembayar pajak di daerah-daerah perkotaan berkontribusi secara keuangan kepada daerah-daerah pedesaan agar pajak pendapatan dan pajak penduduk mereka dikurangi.

Source : ANN, Asahi Shimbun, & Vocasphere