Mengenal Aoshima, Pulau yang Dijuluki Pulau Kucing di Jepang

Jepang memang suatu negara dengan banyak sekali keunikan, mulai dari budaya hingga objek-objek wisatanya yang unik, dimana salah satunya adalah Cat Island (Pulau Kucing) yaitu Aoshima, yang terletak di Prefektur Ehime di Jepang. Meskipun di Jepang ada 3 tempat yang dipanggil dengan sebutan ‘Cat Island’, tapi yang paling terkenal adalah Pulau Aoshima.

Pulau ini disebut Cat Island karena populasi kucingnya sangat melebihi populasi manusia yang tinggal disana. Bagaimana tidak, populasi kucing dan manusia disana diperkirakan berjumlah hingga 8 banding 1! Pulau ini dulunya adalah pulau memancing yang cukup ramai, tapi sekarang populasi manusia yang tinggal di Aoshima sudah tidak begitu banyak. Sebaliknya, populasi kucing di pulau ini terus bertambah, hingga menjadi keunikan di pulau ini.

Kucing-kucing di Aoshima dapat digolongkan semi-liar, tapi mereka sudah lumayan terbiasa berada dekat manusia. Jadi, jika kalian ingin bermain dengan mereka, cukup dengan memberi sedikit perhatian dan makanan, mereka akan dengan senang hati bermain bersama kalian. Dengan populasi kucing yang berjumlah lebih dari 100 ekor, maka tidak sulit jika kalian ingin menarik perhatian salah satu ataupun beberapa dari mereka.

Jika kalian berencana untuk berkunjung ke Aoshima, sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut:
-Aoshima tidak dibangun untuk turis, disana tidak ada hotel, restoran, toko, ataupun vending machine. Pengunjung sebaiknya menyediakan makanan dan minuman sendiri, dan menjaga kebersihan dengan membawa pulang sampah mereka sendiri agar tidak mengotori lingkungan di pulau Aoshima.
-Kebanyakan orang yang tinggal di Aoshima sudah berusia lanjut, jadi pengunjung diharapkan menghormati dan menghargai para penduduk, baik manusia dan hewan, selama berkunjung.

Nah, bagi kalian yang suka kucing terus berencana nanti mau berlibur ke Jepang, pasti ga bakalan mau melewatkan kesempatan buat berkunjung ke Cat Island.

Source : Gaijinpot & ABC